Loading Kegiatan

« Semua Kegiatan

  • kegiatan ini telah berlalu.

DESA RESPONSIF GENDER

2 September 2019 @ 08:00 - 17:00

Platar-Masih dalam rangkaian Kampung KB Desa Platar kali ini diadakan pertemuam Kampung KB dengan bahasan Desa Responsif Gender.Kegiatan ini diikuti oleh beberapa komponen diantaranya 3 (tiga) orang anggota BPD,yaitu Bapak Subardi, Ibu Nor Eva Nisfianti dan Ibu Evi mualimah.
dari anggota masyarakat yang diundang yaitu seluruh ketua RT dan Ketua RW sedesa Platar, Perwakilan dari Lembaga/Organisasi Perempuan, yang kali ini dihadiri oleh Ibu Hidayatul Aliyah, Ibu Mastufa masing-masing dari Pengurus Muslimat, Ibu Muntiaseh dan Ibu Siti Zumiatun dari Pengurus Fatayat desa platar dan tidak lupa juga dihadiri oleh perwakilan PKK Desa Platar, Ibu Siti Jumlatun Nikmah
Dalam acara kali ini dari DP3AP2KB Kabupaten Jepara menugaskan Ibu Umi Farida(Desa mantingan) dan Ibu Asmiah(Kel.Potroyudan) masing-masing dari Forum Kesetaraan danKeadilan Gender (FKKG) Kabupaten Jepara sebagai penyampai Paramateri.tentunya juga dihadiri oleh Ibu Endang sbg Koordinaor PLKB Kec. Tahunan.
Acara kali ini dimaksudkan agar nantinya dalam perumusan kegiatan dan anggaran yang dikelola oleh desa memperhatikan apakah seluruh kegiatan sudah memenuhi Syarat Responsif Gender, Artinya seluruh kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan dalan anggaran Pendapatan dan Belanja Desa harus responsif gender, kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, kaum difabel dan kelompok marginal disegala bidang,
Maksud dan tujuan utama adalah memberikan landasan argumentasi pentingnya PUG dan PPRG dilaksanakan di desa-desa seluruh kabupaten Jepara agar menjadi lebih responsif di masa yang akan datang.
Diharapkan petunjuk teknis ini dapat diterapkan secara operasional dengan adanya komitmen pemerintah (daerah dan desa) serta pendampingan (advokasi) proses perumusan dokumen perencanaan dan penganggaran agar responsif terhadap kebutuhan laki-laki, perempuan dan masyarakat marginal, berdasarkan kesenjangan yang terjadi.
Kegiatan ini berbentuk Petunjuk Teknis ini memberikan panduan mengintegrasikan PPRG dalam perencanaan pembangunan tingkat desa dengan kerja-kerja administratif-teknokratis.
Sasaran dari Kegiatan ini yaitu Petinggi, perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa, organisasi masyarakat desa, pendamping desa dan pihak-pihak yang menaruh perhatian pada PPRG.
Dalam kegiatan kali ini selain pemaparan dari Nara sumber juga di buka session tanya jawab yang menghasilkan beberapa masukan diantaranya:
1. tentang Penyiapan data pilah yang harus terus di Update
2. masih adanya kebuntuan dalam komunikasi sehingga perlu untuk pemecahan yang lebih lanjut
3. IT desa digalakkan dengan memberdayakan potensi SDM yang ada di desa
4. Program Pendampingan bagi warga marginal kaitannya dengan kepemilikan aset Tanah milik warga Peran para Pemuda lebih dioptimalkan.
Demikian untuk peliputan kali ini, semoga kegiatan pertemuan yang diadakan oleh kampung KB dapat diperolah tambahan informasi, Ilmu serta manfaat sebesar-besarnya bagi warga masyarakat Desa Platar, Amin.(Widyawati/Opr.SID)

Facebook Comments

Detail

Tanggal:
2 September 2019
Waktu
08:00 - 17:00
Kategori Kegiatan:
,